Sebagaimana Puasa maka malam Lailatul Qadar juga dikenal oleh kaum sebelum kita.
Mengapa Lailatur Qadar begitu Istimewa? apa yang kita lakukan saat malam tersebut?
dua pertanyaan ini begitu penting agar kita sama paham adanya. Malam Lailatul Qadar
adalah malam diturunkannya Alquran yang penuh hikmah dan berkah. Malam ini dirinci
semua urusan dengan penuh hikmah. Malam ini dikenal juga dengan malam seribu bulan
karena semua kebaikan dinilai sebagai kebaikan seribu malam. Kemudian ibadah
apakah yang kita lakukan? shalat tarawih dan boleh melakukan shalat witir dekat
dengan waktu subuh karena berkah malam ini hingga fajar menyongsong. Kapankah malam itu?
Terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir (Shahih Bukhari & Muslim). Lailatul Qadar
terjadi pada malam ke-25 (Shahih Al Albani). Teknologi BMG memungkinkan kita
meramal malam Lailatul Qadar jadi mari kita tentukan malam tersebut dan menggelorakannya.
Saat ini adalah malam ke-29.

selengkapnya…selengkapnya

Streaming radio saat ini sudah bagus apalagi Apple menyertakan aplikasi myTunerRadio. Pilihan stasion radio di Indonesia sudah lumayan banyak di aplikasi
ini. Coba saja beberapa stasiun dan pilih yang streamingnya mulus dan lancar. myTunerRadio bisa jadi alternative iTunes dimana keuntungannya bisa mendengar
lagu-lagu baru yang tidak ada di daftar lagu anda selain itu dengarkan berbagai informasi yang bisa bermanfaat juga bisa untuk mengatasi macet.
Bagaimana asikkan? jangan lupa iTunes menawarkan akses tidak terbatas untuk semua lagunya dan bagusnya masih dalam promo.

selengkapnya…selengkapnya

Imam Ibnu Katsir memaparkan, โ€œAllah memuji bulan Ramadhan diantara bulan-bulan lainnya. Yaitu dengan memilihnya sebagai bulan diturunkannya Al Qurโ€™an Al Azhimโ€ (Tafsir Ibnu Katsir).

Bahkan selain Al Qurโ€™an, Ramadhan juga adalah bulan diturunkannya kitab-kitab Allah sebelumnya. Imam Ibnu Katsir membawakan dalil akan hal ini, yaitu sabda Nabi Shallallahuโ€™alaihi Wasallam:

ุฃูู†ู’ุฒูู„ูŽุชู’ ุตูุญูู ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ูŽ ูููŠ ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุฒูู„ูŽุชู ุงู„ุชูŽู‘ูˆู’ุฑูŽุงุฉู ู„ุณูุชูู‘ ู…ูŽุถูŽูŠู† ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽุŒ ูˆูŽุงู„ู’ุฅูู†ู’ุฌููŠู„ู ู„ูุซูŽู„ูŽุงุซูŽ ุนูŽุดูŽุฑูŽุฉูŽ ุฎูŽู„ูŽุชู’ ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุงู„ู’ู‚ูุฑู’ุขู†ูŽ ู„ูุฃูŽุฑู’ุจูŽุนู ูˆูŽุนูุดู’ุฑููŠู†ูŽ ุฎูŽู„ูŽุชู’ ู…ูู†ู’ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽ

โ€œShuhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan. Taurat diturunkan pada hari ke malam ke 7 bulan Ramadhan. Injil diturunkan pada malam ke-14 Ramadhan. Sedangkan Al Qurโ€™an diturunkan pada malam ke-25 bulan Ramadhanโ€ (dishahihkan Al Albani)

selengkapnya…selengkapnya

Judul di atas adalah salah satu kalimat yang biasa diucapkan saat Idul Fitri. Doa tersebut sudah pernah kita bahas disini dan kali ini akan diulas mengapa yang dipilih golongan yang menang? Dalam berbagai pertandingan atau perlombaan untuk menjadi pemenang tentunya dibutuhkan kualitas yang tinggi dan dituntut kesabaran serta usaha untuk menjadi pemenang. Ramadan datang untuk melatih dan meningkatkan kualitas diri juga meningkatkan rasa rohani. Ramadan turut melatih dimensi sosial melakukan zakat dan beramal soleh. Kini ramadan memasuki sepertiga akhir mari kita memanfaatkan waktu sebelum berbuka dengan berdoa “Tuhanku masukkan aku termasuk golongan yang menang” karena doa orang berpuasa diijabah.

selengkapnya…selengkapnya

Gunakan fitur google untuk mencari masjid terdekat.

selengkapnya…selengkapnya

Seseorang sendirian di rumah dimana tersedia berbagai makanan dan minuman tetapi tidak membatalkan puasa. Ketika ditanya “mengapa anda tidak makan minum saja toh tidak ada orang?” kemudian dijawab “saya sedang puasa”. Tentu saja dia sedang puasa tapi mengapa tidak makan minum padahal dia sendirian tidak ada orang? ya karena dia ikhlas melaksanakan puasa dan merasa setiap saat sedang diawasi tuhan.

Pakar Tafsir menguraikan ikhlas itu adalah ketaatan dan kecintaan. Sahabat ini taat pada perintah-Nya dan cinta kepada-Nya. Ikhlas ini adalah salah satu rasa rohani yang tidak lain adalah ihsan berbeda dengan rasa jasmani seperti nikmatnya makanan. Bulan Ramadhan melatih Rasa Rohani .

Rasa jasmani dan rohani harus seimbang karena seseorang tanpa rasa rohani atau rohaninya tidak ada maka jasmaninya tidak merasakan apa-apa. Melatih rasa rohani akan menjadikan kebahagian makin lengkap karena bukan saja bahagia secara jasmani tetapi bahagia secara jasmani dan rohani.

Next Page »