Berlian sudah memiliki standar sertifikat 4C yakni: Carat (berat batu), Color (warna) ,Cutting (potongan),Clarity (tingkat kejernihan).

Carat: Berat batu. Tergantung dengan ukuran dari berlian. Ukurannya mulai dari 0,01-1,00. Semakin besar berat batu, maka makin mahal.

Color: Warna dari berliannya. Semakin bening batu berlian, makin bagus dan mahal. Ukurannya dimulai dengan huruf D hingga Z. Huruf D hingga J biasanya sangat jernih dan bila pun ada warna, tidak terlihat oleh mata. Di atas J, biasanya ada warna kekuningan yang mudah terlihat mata.

Cutting: Potongan atau bentuk batu berliannya. Bentuk berlian terlihat dari dua hal, dari bentuk bagian atas, bisa berpotongan bundar, kotak, dan sebagainya. Bentuk yang paling umum dijual dan diguanakan adalah bundar dan kotak. Selain itu, dilihat pula dari proporsinya. Tidak lonjong, gepeng, dan sebagainya. Semakin sempurna proporsi berlian, makin bagus kilau sinar yang terpantul dari berlian tersebut, maka makin mahal.

selengkapnya…selengkapnya

selengkapnya…selengkapnya


selengkapnya…selengkapnya

Anda tahu pasti ikan piranha! Gigi setajam pisau disertai jumlah yang besar menjadikan mereka pemangsa menakutkan. Kambing kecemplung di sungai bisa tinggal tulang belulang dalam hitungan detik! apakah mereka predator paling tinggi di ekosistem tersebut. Gigi setajam pisau dan bergerak dalam gerombolan yang besar bukan hanya menjadikan mereka pemangsa yang menakutkan namun melindungi mereka dari ancaman yang jauh menakutkan yakni belut listrik. Belut listrik merupakan salah satu predator piranha. Belut listrik berukuran 120 cm bisa menghasilkan 850 volt. Itu baru satu belut saja bagaimana kalo ada empat ekor belut bermufakat menggunakan kekuatan mereka yang mampu menghidupkan sebuah rumah mewah beserta seluruh pelengkapannya serta mengarahkan kekuatan tersebut ke sebuah aliran sungai? untungnya belut listrik tidak berburu secara berkelompok.

selengkapnya…selengkapnya

selengkapnya…selengkapnya

Next Page »